-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Menyembunyikan file ke dalam gambar

Tutorial kali ini kita akan membahas teknik steganografi yaitu menyembunyikan sebuah file ke dalam file gambar. Teknik Steganografi ini kabarnya digunakan para teroris untuk saling berkomunikasi untuk merencanakan pengeboman gedung WTC. Dan uniknya lagi, teknik ini baru diketahui oleh FBI setelah beberapa tahun peristiwa pengeboman itu berlalu.

Sebenarnya teknik steganografi ini pernah saya posting pada tahun 2009 disini, tadi gak sengaja bongkar bongkar arsip di klikedukasi, eh ketemu lagi dengan teknik ini. Kenapa saya bahas lagi? Saya hanya ingin mencoba, apakah teknik ini masih bisa dilakukan dengan sistem operasi windows 7 atau gak. Setelah saya coba, ternyata masih bisa. Artikel ini juga sebagai penyempurna artikel sebelumnya, sebab pada tulisan yang dulu saya tidak menyertakan langkah langkahnya dengan panduan gambar. Mudah mudahan dengan adanya artikel lanjutan ini, bisa lebih mudah untuk dipahami.

Apaan tuh steganografi?



Menurut wikipedia Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia di dalamnya. lebih jelasnya bisa anda telusuri sendiri disini

Sederhananya steganografi merupakan teknik untuk menyembunyikan tulisan atau file ke dalam sebuah file. bingung yak?

Coba bandingkan kedua gambar ini, apakah ada perbedaannya?


Jika dilihat sepintas, kedua gambar tersebut sama persis, gak ada perbedaan sama sekali. Sekarang coba anda simpan kedua gambar tersebut ke komputer anda, kemudian bandingkan ukuran (size) kedua file gambar tersebut. Gambar sebelah kiri yang bernama klikedukasi.jpg berukuran 32,7 kb dan tidak saya manipulasi sedikitpun, sedangkan gambar sebelah kanan bernama hasil.jpg berukuran lebih besar dari gambar pertama yaitu 50,6 kb.

Anda bisa pastikan sendiri gambar di atas sama persis, yang membedakan hanya ukurannya. Kenapa bisa ukurannya berbeda? karena saya sudah menyisipkan satu buah file ke dalam gambar yang sebelah kanan.

Untuk membuktikannya gimana? Setelah anda simpan, coba anda klik kanan gambar yang bernama hasil.jpg kemudian open with winrar, atau bisa dengan cara merename nama hasil.jpg menjadi hasil.rar
Apa yang terjadi? anda akan melihat di dalam file tersebut ada file bernama logout.php. Nah loh keliatan kan ada file yang saya sisipkan. Oiya saya asumsikan di komputer anda sudah terinstall program winrar sebelumnya.

Trus bagaimana cara menyisipkan file ke dalam gambar tersebut? Sebenarnya sangat mudah, kita cukup menggunakan sedikit perintah yang ada di command prompt (CMD) windows.

Dalam uji coba kali ini saya hendak menyatukan file klikedukasi.jpg dengan file logout.php, nanti setelah disatukan akan menjadi file hasil.jpg seperti di atas.

Mari kita coba. ikuti step step berikut:

1. Buat folder bernama terserah anda, saya memberi nama folder ini steganografi letaknya di drive D:\>

2. Copy paste file gambar klikedukasi.jpg dan file php logout.php ke dalam folder tadi yang kita buat. Buatlah file steganografi.rar yang di dalamnya terdapat 2 buah file di atas. Biar lebih jelas saya kasih screenshot seperti di bawah.



3. Persiapan filenya sudah kita lakukan, kini saatnya masuk ke command prompt, buka cmd dengan cara tekan tombol window + R ketik cmd dan enter akan terbuka jendela command prompt seperti ilustrasi berikut
4. Masuk pada direktori tempat menyimpan folder steganografi tadi, saya menyimpannya di drive D, alamat lengkapnya seperti ini D:\steganografi.


:: Masuk terlebih dahulu ke drive D, kemudian pindah ke folder steganografi. Caranya ketik pada command prompt D: tekan enter
:: Kemudian pindah ke direktori steganografi dengan mengetik cd steganografi akhiri dengan enter

:: Kita sekarang telah berhasil masuk ke folder steganografi, ditandai dengan adanya tulisan D:\steganografi> di command prompt.

5. Nah sekarang saatnya kita memnyatukan dua file tadi. gimana caranya? ketik perintah berikut:
 copy /b klikedukasi.jpg+steganografi.rar hasil.jpg 
 Akhiri dengan menekan tombol enter. Gambar di bawah ini menunjukkan perintah yang kita gunakan dari langkah nomer 4 tadi.



Daaaaaan coba cek di folder steganografi kita, jika anda berhasil maka akan ada file bernama hasil.jpg dalam folder tersebut
--- Selesai ---

Teknik di atas bisa juga anda gunakan untuk menyembunyikan banyak file dalam satu file gambar. Saya pernah membuat file sejenis ini yang di dalamnya berisi beberapa program dan beberapa folder, file gambar yang saya buat itu besarnya mencapai 76 MB.

Catatan: Berdasarkan masukan dari Anonim dan setelah saya cek ulang, ternyata ada kesalahan pengetikan perintah dan sudah saya perbaiki, perhatikan pada gambar terakhir yang saya lingkari merah. Thanks buat Anonim buat masukannya :).

Tambahan dari mas anonim (sayang namanya tersembunyi)
Menggunakan heksa editor bisa namun kelamaan prosesnya, tercepat memang digabungkan dalam file gambar bisa juga .bmp termasuk muatannya juga bisa tipe lain semisal .zip yang ga bisa adalah membalikkannya apabila file aslinya tidak disertakan dalam archieve .rar atau .zip atau .ace
Semoga membantu

comment 58 comments

  1. Kalau mau balikkin laginya gimana?

    BalasHapus
  2. @hohom >> untuk ngembaliinya tinggal diekstrak aja filenya dengan winrar.

    BalasHapus
  3. gan maav, bukan mau sok jago saya hanya nubie cuma mau saranin tolong di cek kembali artikel ini, menurut saya ada yang kurang pas deh..hehhehee.. :D
    klo masih belum dapat di baca lagi...
    klo perlu di praktekkan sendiri sesuai dengan step2 di atas gan..

    makasih gan.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kok,, bagus tutorny.. udah bsa di terapin..
      rar ke jpg, rar ke bmp, zip ke jpg, zip ke bmp..
      Oke smua tuh..

      Hapus
  4. kok hasilnya ketika di ekstrak di rar hanya ada gambarnya saja. file yg disisipkan tidak ada... gimana ada kesalahan .tidk ya.. padahal saya sudah mengikuti langkahnya sama persis....

    BalasHapus
  5. @aldillah aldy >> makasih buat masukannya, sudah saya coba lagi mengikuti step step yang saya kasih di atas, dan saya berhasil membuat satu file yang berisi dua file. Kira kira kurangnya dimana ya gan? bisa disebutkan?

    @anonim >> Dicoba lagi step step diatas, mngkn ada yang terlewati. Saya sudah coba ulang step yang saya berikan dan bisa.

    BalasHapus
  6. it doesn't work with large size file. it can be combined but cannot extract

    BalasHapus
  7. file yg di extrak ko cuman jpg aja yg lain ngak ada????
    tlg di jelaskan gan,,,,

    BalasHapus
  8. Sudah mengikuti langkah langkah yang saya berikan di atas? kalo sudah seharusnya bisa, coba ulangi lagi. Dan untuk mengekstrak file rar yang dihasilkan saya menggunakan winrar

    BalasHapus
  9. mau kasih tambahan nih bukannya sok pinter atau apa :)

    mungkin yg dibilang aneh ama agan diatas itu adalah fungsi dari steganografi.rar yang dibuat pada langkah pertama tadi. Karena ternyata pada proses di atas tidak digunakan.

    Kemudian dari agan" yg gagal (termasuk saya), karena slah pada langkah nomer 5 . Harusnya " copy /b klikedukasi.jpg+steganografi.rar hasil.jpg "

    untuk membukanya , klik kanan > open with winrar. :)

    BalasHapus
  10. @anonim >> thanks gan atas tambahan penjelasannya. :)

    BalasHapus
  11. aduuhhh..saya mah bnr2 kaga ngerti..!!s0k atuh bingung

    BalasHapus
  12. udah bisa di satuin tapi pas di buka pake winrar kagak bisa tuh
    emang apa yg salah...??

    BalasHapus
  13. knapa tuh susah di buka wakti klik kanan > winrar
    malah ada tulisan kaya gini


    The archive is either in unknown format or damaged

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, punya saya gitu kak, jadi gimana solusinya kak?harus ganti winrar nya ya kak?

      Hapus
  14. Mungkin versi winrar yang digunakan tidak suport. saya pake winrar 3.7 bisa

    BalasHapus
  15. gan hasil.jpg nya juga sama gan, gk ada bedanya gan... gmana tu gan...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. logikanya gini, jika gagal maka ulangi lagi stepnya dari awal. kemungkinan ada bagian yang terlewat

      Hapus
  16. oke gan, setelah di coba lagi saya ternyata lupa membuat rar nya dulu gan... thanks u gan....

    BalasHapus
  17. thx gan . . .
    saya sudah mencoba,,, dan berhasil . . .!
    hehehe
    nais inpo gan . . .

    BalasHapus
  18. gan, ini kan ceritanya sembunyikan di dalam gambar, kalau kita mau menyembunyikan nya di dalam bentuk yg lain apakah bisa jg dengan cara ini kah? misalnya kita sembunyikan dalam file exe atau file movie?

    BalasHapus
  19. unknown >> bisa gan, coba aja dengan cara yang sama menggunakan tipe file berbeda,

    BalasHapus
  20. gan ane udah berhasiL...
    nah Untuk membuktikannya gimana?
    udah di klik kanan gambar yang bernama hasil.jpg kemudian open with winrar, ga bisa. terus udah di rename nama extensions nya hasil.jpg menjadi hasil.rar juga tetep ga bisa.
    gimana nih....

    BalasHapus
  21. @adien --> coba baca salah satu komentar saya di atas. coba winrar versi 3.7 jika masih tidak bisa, kemungkinan ada proses yang terlewati saat membuatnya

    BalasHapus
  22. Udah sampe pd menggandakan gmbar. Trus mnyembunyikan file2 lain dimananya. Atau harus melalui "cmd" lg?
    Mhon sarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti langkah langkah yang ada di artikel ini gan.

      ayoo semangat pasti bisa :)

      Hapus
  23. Yang, paling pas sisip kata pake hex editor...

    BalasHapus
  24. @abadi gulo >> Untuk tutorial ini harus melalui cmd gan.

    @rogan >> bisa juga dengan cara itu. tinggal pilih mana yang enak

    BalasHapus
  25. @rogan >>
    kelamaan prosesnya, tercepat memang digabungkan dalam file gambar bisa juga .bmp termasuk muatannya juga bisa tipe lain semisal .zip
    yang ga bisa adalah membalikkannya apabila file aslinya tidak disertakan dalam archieve .rar atau .zip atau .ace
    @
    Panembahan Satyapradana >>
    tambahin sekalian gan seperti yang diatas ini, biar lengkap ;)

    BalasHapus
  26. kerrenn mas brow.
    jdi aman ngumpetin foto2 cewek ane..
    biar g ketauan nyokap. wkwkwkwk
    thanks for klikedukasi.com

    BalasHapus
  27. bermanfaat sekali artikelnya :D

    BalasHapus
  28. gan ane mau tanya gimana embedd file ke gambar tanpa nambahi ukuran file gambar itu ya ? ini sebenernya pertanyaan dari dosen ane buat kuis hehehe kan kalau nambah ukurannya jadi ketahuan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tekniknya masih dengan cara memasukkan file ke dalam gambar sepertinya susah :nangis . Logikanya, suatu gambar dengan ukuran tertentu disisipi suatu file yang punya ukuran juga pastinya akan membengkak menjadi



      Size akhir = "size gambar + size file sisipan".

      Cuma mungkin bisa di akali dengan sisipan file yang logis, artinya ukuran gambar sebelum dan sesudah disisipi masih logis untuk ukuran sebuah gambar. :ceramah

      Hapus
  29. abang Restu SKYNET pertanyaan kita sama >>>kok bisa yak?

    BalasHapus
  30. Bagaimana cara membukanya di Ubuntu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama file.jpeg (misal filenya .jpeg) direname jadi file.rar
      contoh : saya.jpeg diubah jadi saya.rar
      setelah itu open with archive manager

      Hapus
  31. ka kalau cara menyembunyikan file di RUN gimna?? makasi yah...:D

    BalasHapus
  32. nah pas waktu di buat .rar pastikan dalam folder steganografi
    (D:\steganografi) jadi ada 3 file....
    bukan di luar foldernya (D:)

    THanks kak atas triknya

    BalasHapus
  33. Baru tau klau ada teknik steganografi... Keren

    BalasHapus
  34. hehe...sudah ku buat programnya gan, bisa di download di http://www.pak-professor.com/sisipfile.exe, mampir ya ke blog ane gan
    :p

    BalasHapus
  35. kalo buat di ubuntu gman gan caranya??

    BalasHapus
  36. gan help. dlu file nya bsa dbuka skarang kok g bs ya gan. tu file nya yg ad di dlm gmbar bs rusak/hilang g gan? wktu q buka error gt "the archive is either in unknown or damaged". please bntu gan..

    BalasHapus
  37. Mau tanya Om ..
    anggaplah begini.. aku punya file A.jpg dan B.exe sudah digabung menjadi satu, nah jika file A.jpg dijalankan apakah file B.exe juga ikut beralan... ??
    butuh info gan...

    BalasHapus
  38. thank gan,,,
    mantep nih....
    kalo yang saya masukin ke file gambar itu besar, bisa gag ????

    BalasHapus
  39. Maasss ko munculnya
    The archive in unknown format or damege

    BalasHapus
  40. cara.y sdih berhasil..trus saat ingin di kembaliin klik kanak > open with > wnrar.y tidak ada coy...g mna tuh ?

    BalasHapus
  41. semua step saya sudah ikuti gan, sudah berhasil gan, tapi pas mau saya balikan malah ada tulisan seperti ini

    The archive is either in unknown format or damaged

    mohon penjelasan lebih lanjut mastah?

    BalasHapus
  42. maaf bukan nya sok tau tapi bagi yang susah di buka file nya dengan winrar silahkan di coba dengan 7zip

    BalasHapus
  43. gak berhasil :( muncul ...... the system cannot find file specified

    BalasHapus
  44. ga bisa di extract. size dah berubah padahal

    BalasHapus
  45. Mantap deh gan dari pagi ngubek ini cara .. berhasilnya sore hari haha :-bd

    BalasHapus
  46. kalo untuk video gimana gan? wkwk

    BalasHapus
  47. Mau tanya, ktika kita klik ftonya trus kita si alihkan ke browser bisa gak. Hehehe cuma pengen tau saja gan..

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x