-->

K.E ^_~ Yang lagi galau ini penawarnya link

Membuat TTS online tidak semudah yang kau kira

Saya rasa setiap orang pun bisa membuat teka teki silang dengan mudah. Toh udah ada software yang siap pakai, kita cukup memasukkan clue dan jawaban sisanya biarkan software itu yang bekerja membuatkan teka teki silang untuk anda. Contoh nyata adalah software gratis eclipsecrossword.

Namun hasil yang anda dapatkan dengan cara instan di atas adalah sebuah teka teki silang dengan bentuk tidak beraturan atau bisa dibilang tts asal jadi. Sebetulnya ada beberapa bentuk TTS yang sering kita jumpai dewasa ini, diantaranya adalah freeform, cryptic (simetris), shape dan American Crossword.


Freeform

TTS bentuk ini lebih ke kesan bebas, tidak terpaku dengan peraturan pembuatan tts apapun. Jika anda mencoba menggunakan cara instan seperti di atas, tts yang terbentuk kemungkinan adalah tts jenis ini.



Simetris

Sesuai namanya tts bentuk ini mempunyai aturan baku yaitu sisi yang bersebelahan harus memiliki bentuk sama (simetris). Lebih mudahnya, jika TTS ini dilipat akan mempertemukan sebuah sisi yang sama persis.


Shape

Bentuk ini biasanya mengambil tema benda yang ada disekitar kita. Bisa berbentuk rumah, hewan, pohon atau apapun sesuai dengan imajinasi pembuatnya. Sepertinya TTS bentuk ini lebih cocok ditujukan untuk anak-anak sebagai pemikat disebabkan bentuknya yang lebih variatif.



American Crossword

Proses pembuatan TTS bentuk ini terbilang sulit, karena persimpangan kata kata yang saling bertautan lebih banyak



Ada beberapa software TTS yang dapat membantu anda untuk memecahkan kebuntuan saat menyusun teka teki seperti:
  1. Crossword Forge Berbayar
  2. Crossword Compiler Berbayar
  3. Hot Potatoes Gratis
  4. Eclipse Crossword Gratis


Dari keempat software TTS tersebut hanya Crossword Compiler -lah yang menurut saya paling bagus. Namun sayang software ini tidaklah gratis :D

Begitu mudahnya membuat sebuah teka-teki silang, sehingga tak perlu heran jika anak anda yang masih balita pun bisa membuatnya dengan mudah. Namun ada salah satu kekurangan jika kita hanya mengandalkan software instan dengan cara instan pula, yaitu bentuk tts yang di hasilkan tidak sesuai dengan keinginan kita, terkesan acak dan cenderung ke bentuk freeform sebab persilangan kata per katanya memang di random oleh komputer.

Sekarang coba bandingkan teka teki silang yang pernah saya buat menggunakan eclipsecrossword lebih dari setahun lalu



Dengan tts online yang saya buat bulan september tahun 2012 secara manual dengan mengacu pada script eclipsecrossword yang telah dimodifikasi



Sangat jelas perbedaanya, yang pertama sangat acak dan yang kedua lebih tertata rapi.

Ternyata hanya bermodalkan software instan saja tidak cukup untuk dapat menyusun tts sekelas TTS kompas yang lebih sering mengacu pada bentuk Cryptic atau bentuk simetri dengan persamaan bentuk antara kanan kiri dan atas bawah.

Bentuk simetri ini relatif mudah dalam pembuatan secara manual, hanya butuh konsentrasi dan kekayaan kosa kata di dalam otak. Bahkan sekarang dipermudah dengan keberadaan software KBBI (online dan offline) dan mesin pembuat tts.

Berbeda dengan TTS Kompas, mungkin anda akan sedikit menemui kesulitan jika mencoba membuat tts online bentuk American Crossword seperti gambar di atas. Selain harus merancang secara cermat (tentunya bukan menggunakan software tts instan seperti eclipsecrossword atau Crossword Forge :hammer ), kita juga perlu memahami kerangka html TTS terutama yang berhubungan dengan pembentukan sebuah tabel dengan html. Sebab tag inilah yang akan membentuk tampilan utama sebuah tts online. Selain itu kita juga perlu memahami bahkan mampu membuat beberapa perintah javascript dan beberapa selector css untuk membuat tampilannya lebih nyaman di mata dan yang penting terlihat lebih interaktif.

Kesimpulan 
Software TTS, kreatifitas, imajinasi dan pengetahuan dasar tentang html, css dan javascript dapat menjadi modal utama untuk membuat TTS online yang interaktif dengan bentuk variatif dan elegan sesuai yang kita inginkan.

comment 4 comments

  1. Ternyata dengan modifikasi script EclipseCrossword saya juga berhasil membuat TTS yang bentuknya simetris dan saya publikasikan di teka-tekisilang.com .

    BalasHapus
  2. saya pengguna blog pemula
    untuk eclipseCrosswerd saya sudah punya namun saya belum bisa posting ke blog saya
    mohon bimbingannya ya untuk memposting TTS itu ke blog
    terima kasih

    BalasHapus
  3. modifikasinya gimana???
    bisa dijadiin apk buat android ga?mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. yang penting jadi bro...
    he,he,he...

    BalasHapus

Catatan:
Seluruh komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Komentar yang berbau spam, kasar, menghina, seluruhnya yang bersifat menghancurkan bukan membangun tidak akan ditampilkan. Silahkan bertanya dan memberi pendapat dengan sopan dan sesuai aturan.

Anda diperbolehkan mempublikasikan ulang artikel ini, dengan syarat:
1. Mintalah izin dengan cara berkomentar di bawah artikel ini
2. Wajib menyertakan link ke artikel ini dan menyertakan nama penulis

 
© klikedukasi 2008 - 2013 | Design by Panembahan Satyapradana | 170p3x